SEJARAH KOPERASI KUTA MIMBA

HomeSejarah Koperasi Kuta Mimba

Berkat prakarsa dari tokoh – tokoh masyarakat di Kuta yang didasari atas hasil pembinaan Tim Lomba Desa terpadu, dimana salah satu dari kriteria Lomba Desa yaitu Koperasi saat itu belum ada. Maka pada tanggal 09 Pebruari 1983 dibentuklah sebuah Koperasi primer yang beranggotakan tokoh-tokoh masyarakat, pegawai negeri dan swasta, serta pengusaha yang ada di Wilayah Kuta ( Kelurahan Kuta, Legian, Seminyak ) dan sekitarnya. Dengan jumlah anggota sebanyak 89 orang dan total asset saat itu sebesar Rp 1.513.750,- yang bersumber dari simpanan pokok sebesar Rp 10.000,- per anggota, simpanan wajib sebesar Rp 500,- per anggota perbulan. Nama Kuta Mimba konon berasal dari zaman Majapahit, dimana wilayah Kuta bernama Kuta Mimba dan lama kelamaan berubah menjadi Desa Kuta. 

Pemilihan Kuta Mimba sebagai nama Koperasi adalah untuk mengenang Kuta pada masa lalu. Saat berdirinya, Koperasi Kuta Mimba hanya mengelola Unit Usaha Simpan Pinjam. Karena masih muda usia jalan usahanya sangat lambat. Pada awal tahun 1987 pengurus mengangkat dua orang Karyawan sebagai pengelola Usaha dan pada pertengahan tahun 1987 mengangkat seorang Manajer, yaitu I Nyoman Santun, SE,. Manajemen Koperasi Kuta Mimba kemudian mulai ditata dengan fokus mengembangkan Unit Simpan Pinjam. Suka-duka dialami oleh manajemen dan pengurus. Namun, berkat dukungan dari Yayasan Pembangunan Desa Kuta (YPDK) dan tokoh masyarakat serta para kepala lingkungan yang terlibat memberikan penyuluhan tentang usaha Koperasi kepada masyarakat, Koperasi Kuta Mimba mulai menunjukkan kemajuan, dan sederet prestasi dan penghargaan dicapai, termasuk pada tahun 1993 dinobatkan sebagai Koperasi Teladan Tingkat Nasional tahun pertama, dan pada tanggal 25 Oktober 1995 Koperasi Kuta Mimba mulai menempati gedung baru yang diresmikan oleh Gubernur Bali pada 12 Januari 1996. Tahun 2015 Koperasi Kuta Mimba telah menjadi Koperasi Nivo Propinsi dan telah memiliki Aset sebesar Rp. 137.257.662.631,- dengan jumlah anggota per tanggal 30 Nopember 2016 sebanyak 5.359 orang dan pegawai sebanyak 88 orang.

Mars Koperasi Kuta Mimba

Produk Simpanan

SISUKOP

Adalah Simpanan Sukarela Koperasi/Tabungan, dengan jumlah setoran sesuai dengan keinginan anggota dan dapat dilakukan setiap hari kerja dikantor Koperasi Kuta Mimba, atau memilih untuk dikunjungi oleh tenaga lapangan.

SIBERKOP

Adalah Simpanan Berencana Koperasi, dimana anggota dapat menyetorkan dana secara rutin untuk disimpan sesuai dengan perencanaan penggunaan dana. Misalnya untuk uang sekolah, dana upacara, membangun rumah dan sebagainya.

SIJAKOP

Adalah Simpanan Berjangka Koperasi, dimana anggota menyetorkan dana untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu dengan bunga menarik.